Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

PERLUAS TEORI - Apa yang Anda pahami tentang pembelajaran jarak jauh? Apakah terpisah guru dan peserta didik dalam jarak yang jauh, atau guru dan peserta didik terpisah tapi dapat bertemu dalam ruang maya? Pembelajaran jarak jauh telah menjadi istilah populer untuk menggambarkan pembelajaran melalui telekomunikasi. Telekomunikasi Istilah mencakup berbagai teknologi dan konfigurasi media, termasuk audio, video, dan sumber daya berbasis teks. Kesamaan semua tersirat dalam akar kata Yunani tele, yang berarti “di kejauhan” atau “jauh”; yaitu, mereka adalah sistem untuk berkomunikasi jarak jauh.
Pembelajaran jarak jauh merupakan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang tidak berkumpul bersama di satu tempat secara rutin untuk menerima pelajaran secara langsung dari guru (Prawiyogi et al., 2020). Desmond Keegan (2016) mengidentifikasi elemen kunci dari definisi formal pendidikan jarak jauh, yang tidak berubah dengan munculnya teknologi baru untuk penyampaian: 
  • Pemisahan fisik peserta didik dengan guru 
  • Program pembelajaran yang terorganisir 
  • Teknologi komunikasi 
  • Komunikasi dua arah 
 
Penekanan pada pembel ajaran sama pentingnya dalam pengaturan pendidikan jarak jauh seperti di kelas tradisional. Strategi pembelajaran yang diterapkan pada tingkat yang sama dalam pengaturan jarak seperti yang mereka lakukan di kelas reguler. Terlepas dari teknologi yang digunakan, dari interaksi video langsung hingga diskusi berbasis teks, sistem telekomunikasi pembelajaran harus menjalankan fungsi tertentu agar efektif. Guru harus dapat memilih teknologi dan media terbaik untuk mendukung pembelajaran. Guru dapat menggunakan saran-saran dalam bab ini untuk membantu mempersiapkan diri membimbing peserta didik belajar dari jarak jauh. Penting bagi Guru untuk memikirkan pengaturan pembelajaran dengan cara baru. 
 

Baca juga catatan Assessment (Part 1)

 
Ruang kelas sekarang menjadi serangkaian "ruangan" yang terhubung secara elektronik. Peran guru mungkin bergeser ke fasilitator pembelajaran daripada memimpin kelas secara langsung. Guru juga harus mengawasi kegiatan peserta didik untuk memastikan tidak ada yang ketinggalan. Saat guru melihat elemen pendidikan jarak jauh ini, guru mulai melihat bahwa konten dan teknologi berhubungan dengan jenis pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membawa pengalaman belajar peserta didik dalam pengaturan pembelajaran jarak jauh. Guru harus siap untuk melibatkan peserta didik dengan: 
  • Memfasilitasi pengalaman belajar yang melibatkan peserta didik 
  • Memodelkan dan mempromosikan pembelajaran dan tanggung jawab untuk kerja mandiri dan kolaboratif 
  • Melibatkan Peserta didik dalam partisipasi aktif dengan guru dan peserta didik lainnya
Guru perlu mengatur dan mengurutkan konten yang berkaitan dengan hasil yang diinginkan, mengetahui sumber belajar apa yang tersedia, mengetahui pengalaman apa yang dimiliki peserta didik dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang digunakan, dan mengetahui apa yang perlu dilakukan peserta didik untuk memastikan pengalaman belajar yang berkualitas. 
Ini semua penting untuk dipertimbangkan ketika guru melibatkan peserta didik dalam pengalaman belajar. Apakah mereka dicampur, dimana? beberapa waktu peserta didik berada di kelas dengan Guru? dan di waktu lain mereka berada di kelas offline, di mana Guru meminta peserta didik bekerja online sebelum datang ke kelas untuk kegiatan pembelajaran, di mana peserta didik guru selalu berada jauh, meskipun guru mungkin telah menjadwalkannya.

Posting Komentar

1 Komentar